Rabu, 26 September 2012

Perikanan Tangkap


Perikanan Tangkap
*(Guruh Tri Arifin)
---
          Perikanan adalah suatu bentuk sumberdaya alam, tepatnya sumberdaya perairan (ikan) yang  bernilai ekonomis dan dapat dikelola dengan suatu usaha atau kegiatan.
          Usaha perikanan tangkap adalah suatu usaha yang menghasilkan, yaitu usaha mengeksploitasikan seluruh benda-benda yang hidup dan atau berada di suatu perairan. Dalam hal ini adalah ikan.
          Awalnya masyarakat hanya melakukan penangkapan saja, selanjutnya baru ada handling, procesing, marketing dll. Menurut cerita, di negara cina dulu masyarakatnya hanya melakukan penangkapan di sekitar pesisir saja dan hanya menangkap (ikan) sesuai kebutuhan (makan) saat itu saja, namun seiring kebutuhan makin bertambah masyarakat mulai meningkatkan usaha perikanannya dengan bermacam cara guna mendapatkan hasil yang lebih dari sekedar penangkapan saja, seperti membuat bidang-bidang yang diisi dengan air dengan luasan dan kedalaman tertentu tidak jauh dari pesisir hanya untuk menyimpan ikan supaya ikan tidak cepat busuk “belum dapat dikatakan budidaya perikanan”, dan selanjutnya usaha perikanan makin meningkat (penggunaan kapal beserta alat tangkap perikanan, pengolahan, penjualan, dsb.).
          Di indonesia, orang yang mata pencahariannya melakukan penangkapan ikan disebut dengan NELAYAN.
          Nelayan adalah pelaku dalam perikanan yang menciptakan industri tingkat pertama yaitu menghasilkan bahan-bahan mentah / bahan baku untuk diolah pada kegiatan berikutnya dan melahirkan kegiatan-kegiatan lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar